Wednesday, January 11, 2017

Robot yang sangat mirip dengan Manusia

source by: Google image
Zaman sekarang sudah semakin canggih dimana teknologi sudah sangat maju, manusia tidak bisa lepas dari teknologi. Apakah kalian termasuk manusia yang seperti itu Girls? saking majunya teknologi sampai diciptakan sebuah Robot buatan Jepang (Honda) yang berama ASIMO. Robot ini sangat banyak diperbincangkan oleh netizen dan publik karena gerakan, perilaku yang mirip dengan manusia sampai-sampai ada yang billing kalau Robot ASIMO ini bisa memahami perasaan manusia.

Robot ini sudah bisa bergerak seperti manusia, khususnya pada tangan bagian jari. Robot ini juga sudah dilengkapi dengan voice recognizer yang membuatnya bisa berbicara dengan manusia. Nah, dengan perkembangan teknologi sensor yang semakin maju, bukan tidak mungkin robot robot akan dibuat lebih mengerti manusia. Tidak hanya menjadi pelayan toko, namun sudah bisa menjadi pelayan pribadi manusia. 

Menyerupai astronot kecil, ASIMO - dilengkapi jubah putih dan helm - berdiri tegak setinggi 1,3 meter dan beratnya 50 kilogram. ASIMO - singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility - didesain untuk membantu orang yang tidak dapat bermobilitas tinggi. Model pertamanya dipamerkan tahun 2000 setelah melewati riset selama 14 tahun, para peneliti mempelajari dan berupaya meniru gerakan manusia.Robot Asimo memiliki kestabilan yang baik ketika bergerak. Robot Asimo dapat menentukan posisinya yang tepat meskipun dengan berjalan. 

Robot ini dapat mengetahui dimana letak rintangan dan menentukan manuver yang dituju tanpa melakukan gerakan berhenti untuk menentukan perbedaan antara peta informasi yang masuk dengan informasi yang ada dengan sensor ultrasonik yang ada di bagian bawah (perut). Sedangkan untuk penglihatan sensor ultrasonik berada di bagian kepala. Robot ini dapat merubah arah untuk mencapai titik yang dituju secara otomatis yang dibantu dengan sensor ultrasonik pada kepala dan perut robot. Dengan adanya kamera yang melekat di bagian kepala robot, maka memungkinkan Asimo untuk mendeteksi pergerakan objek, menentukan jarak dan arah.


Tertarik membeli Robot ASIMO untuk menjadi temanmu? Bukan hanya manusia yang mempunyai perasaan, robot pun juga mempunyai perasaan Girls. Semoga bermanfaat. 

Created by: Roro Tirtamayasandi Setiagusati/1901469523

No comments:

Post a Comment