Tuesday, December 20, 2016

Mengenal sosok Basuki Tjahaja Purnama

Basuki Tjahaja Purnama, sosok fenomenal pemimpin kota Jakarta.  Terkenal karena gayanya yang begitu nyentrik dalam mengubah kota jakarta. Ngomong yang ceplas ceplos membuat beberapa politisi geram pada sosok yang kerap di panggil dengan sebutan “Ahok” .

Menjadi gubernur Jakarta setelah Joko Widodo menjadi presiden terpilih. Ahok neneruskan apa yang menjadi kewajibannya pada saat itu. Kebijakan kebijakan Ahok dinilai penuh dengan kontroversi. Kebijakan kebijakan yang di tuangkan menuai pro dan kontra.

Salah satu kebijakan yang paling fenomenal adalah reklamasi teluk Jakarta. Kebijakan itu di nilai tidak pro terhadap rakyat. Tapi ada juga yang mendukung adanya reklamasi. Karena reklamasi merupakan lambang dari kemajuan suatu negara atau daerah.

Ahok lahir di Manggar kabupaten Belitung Timur 29 juni 1966. Terlahir dengan nama Basuki Tjahaja Purnama ( Zhong Wanxie ). Merupakan putra pertama dari 4 bersaudara . Terlahir dari pasangan Indra Tjahaja Purnama dan Burniati Ningsing.

Ahok menghabiskan masa kecil nya di belitung, bersekolah hingga sekolah menengah pertama. Setelah itu Ahok melanjutkan sekolah menengah ke atas di kota jakarta . Ahok merupakan lulusan Trisakti jurusan teknik geologi pada strata 1. Ahok mendapatkan gelar Insinyur. Lalu Ahok mendapatkan gelar master manajemen di perguruan tinggi universitas prasetya mulya.

Ahok memiliki pasangan yang bernama Veronica Tan. Memiliki 3 buah hati bernama Nicholas, Natania dan Daud albeneer. Ahok mengawali karir nya di bidang bisnis bukan di bidang politik. Menjadi direktur di salah satu perusahaan swasta hingga akhirnya dia mendirikan usaha sendiri.


Pada tahun 2004 ahok memutuskan untuk ikut dalam partai politik. Ahok tergabung dalam parta PIB.senagai ketua DPC , Ahok memberanikan ikut ikut serta dalam pemilu legislatif . Ahok terpilih sebagai anggota DPR. Tak berselang lama Ahok di calonkan sebagai bupati. Setelah bupati Ahok dicalonkan sebagai Gubernur bangka belitung namun Ahok gagal . 6 tahun kemudian Ahok di calonkan sebagai wakil gurbernur pasangan Jokowi – Ahok dihakarta.ALDO JEREMY

No comments:

Post a Comment