Saturday, September 24, 2016

Barongsai,Llegenda dari China

Tahun baru China atau yang sering kita sebut imlek , identik akan hal barongsai nya. Barongsai merupakan sebuah tarian yang di peragakan oleh 2 orang sambil mengikuti irama musiknya. Barongsai dilambangkan seperti seekor singa, biasanya berwarna merah dan ada juga yang warnanya kuning. Barongsai tidak terlepas dari sejarah dan mitos-mitos yang beredar, untuk itu mari kita lihat lebih lanjut.

 Pada jaman dahulu kala di negeri china, tinggalah para penduduk dengan aman dan tentram. Akan tetapi , munculah seekor monster yang jahat berwujud singa. Singa tersebut menganggu para penduduk setempat. Monster tersebut membuat penduduk setempat ketakutan.

Seiring berjalannya waktu, monster tersebut dinamakan Nian, karena “Nian” selalu muncul setiap tahun baru China. Setiap penduduk  yang dapat melewati tahun baru dengan selamat, mereka akan mengucapkan kata-kata GONG XI GONG XI, yang berarti “ selamat Selamat!”. Selamat tersebut ditujukan atas keselamatan mereka dan ucapan tahun baru.

Semakin lama , para penduduk gusar akan kehadiran Nian. Mereka memutuskan untuk mengusir monster nian. Mereka bersama sama berunding satu sama lain. Mereka menanyakan ke penduduk yang bertemu Nian tetapi bisa selamat. Penduduk tersebut mengatakan bahwa mereka pada saat itu menggunakan pakaian berwarna merah, penduduk lain mengatakan bahwa di sekitar mreka ada lampion merah.

 Sejak saat itu mereka memutuskan untuk menggunakan warna merah di setiap malam tahun baru. Mereka tidak di ganggu lagi oleh monster Nian. Untuk mengenang monster Nian, penduduk tersebut menciptakan barongsai yang dapat dinikmati setiap tahun baru china.





                                                    Source :           google image



Aldo Jeremy

1 comment: